Manfaat Daun Katuk Bagi Pria dan Wanita

Manfaat Daun Katuk tidak hanya bisa dirasakan oleh kaum wanita namun juga oleh kaum pria. Memiliki nama latin Sauropus androgynous, daun katuk digolongkan sebagai tumbuhan obat dan sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi oleh pria dan wanita.

Tumbuhan ini adalah tumbuh subur di wilayah beriklim tropis, khususnya di Indonesia. Anda dapat menjumpai tumbuhan ini diperkebunan atau bahkan dipekarangan rumah anda atau tetangga anda. Bila dipekarangan rumah anda tidak dijumpai tanaman ini, maka tanamlah. Cukup dengan meminta 5-10 cm batang tumbuhan katuk kepada tetangga anda yang memilikinya, anda sudah bisa menanamnya dengan mudah.

Bagi para wanita calon ibu atau ibu yang baru melahirkan. Ketahuilah bahwa daun katuk telah lama dipercaya memiliki manfaat sebagai pelancar ASI jika dikonsumsi oleh wanita yang sedang menyusui. Hal ini dikarenakan katuk memiliki senyawa kimia sterol yang bersifat estrogenik. Senyawa ini membantu memicu timbulnya kontraksi sekaligus pemicu produksi cairan ASI.

Namun demikian pengkonsumsian oleh wanita yang sedang hamil muda tidaklah dianjurkan karena kandungan kimia ini juga memiliki peran sebagai pencetus terjadinya kontraksi rahim. Harus anda ketahui bahwa produksi ASI tidak terlepas dari terjadinya kontraksi.

Tidak berbeda dengan kaum wanita, kaum pria ternyata bisa menikmati manfaat daun katuk jika mau mengkonsumsinya. Salah satu manfaat yang bisa diterima kaum pria dengan mengkonsumsi daun ini adalah meningkatnya vitalitas pria. Pria mana yang tidak mau vitalitasnya semakin kuat? Tentu mau!

Dari pada anda membeli produk tertentu untuk menjaga vitalitas, lebih baik anda coba mengkonsumsi daun ini!

Bagi pria dan wanita, kami sarankan untuk mengkonsumsi daun katuk ini karena memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Selain sebagai penambah atau pelancar ASI dan menambah vitalitas bagi pria, daun katuk juga dapat membantu menyembuhkan penyakit Influenza.

Juga bagi para penderita diabetes, anemia dan osteoporosis Azzahra sarankan untuk mengkonsumsinya, karena dengan mengkonsumsi daun katuk, penyakit-penyakit yang telah disebutkan bisa dikendalikan hingga sembuh bahkan dapat mencegah penyakit-penyakit itu datang kembali.


Mengkonsumsi sayuran herbal inipun dapat mencegah anda terkena penyakit kanker, hal ini telah dibuktikan oleh banyak peneliti di bidang kesehatan bahwa zat hijau pada tumbuhan hijau khususnya dalam hal ini daun katuk mengandung banyak antioksidan, dimana antioksidan berfungsi sebagai pencegah radikal bebas, sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegahnya timbul pada orang sehat.

Dari segi rasa, Daun katuk memiliki rasa manis bercampur pahit berbeda dengan daun bayam ataupun kangkung yang lebih manis hampir tanpa rasa pahit. Namun dari segi manfaat tentu daun katuk lah yang lebih juara. Cara mengolahnyapun sangat mudah, anda bisa membuatnya menjadi sayur ataupun dipasak menjadi tumis. Namun yang harus diperhatikan adalah tingkat kematangan daun ini saat anda memasaknya. Agar dapat memberikan manfaat maksimal, maka anda cukup memasak daun katuk setengah matang atau tidak memasaknya sampai daunnya layu, namun jangan pula dikonsumsi mentah.

Demikianlah pembahasan mengenai Manfaat Daun Katuk Bagi Pria dan Wanita, semoga informasi ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi anda
Share: